| 0 comments ]

Spmb UNS merupakan pintu masuk ke Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sebelum melakukan pendaftaran untuk masuk ke UNS, Anda dapat memperoleh informasi keunggulan yang dimiliki oleh UNS melalui situs ini, juga di sini Anda akan memperoleh gambaran program studi yang sesuai dengan minat Anda.

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat menuju World Class University, baik dalam kancah percaturan perguruan tinggi di Indonesia maupun dalam penilaian standar perguruan tinggi secara internasional yakni versi Webometric rangking 883 dunia, 30 terbaik Asia Tenggara, 9 terbaik Perguruan Tinggi Indonesia, dan termasuk dalam 200 Top University di benua Asia/rangking 171 THES QS Asia, tahun 2011 mendapatkan anugerah 2 (dua) bintang dari QS-STARS, dengan dua indikator diantaranya telah mendapatkan empat bintang, yaitu: tingkat penyerapan lulusan dan kelengkapan serta kualitas sarana prasarananya, dan secara nasional termasuk 50 Promising University versi Dikti dan Menurut pemeringkat 4International Colleges and Universities (4ICU) menyebutkan bahwa UNS menempati peringkat 7 nasional.

Kondisi ini menunjukkan bahwa UNS telah mulai mampu bersaing di tataran nasional dan internasional. Capaian peringkat universitas ini, akan lebih memacu pelaksanaan program strategik UNS dalam Delapan Keunggulan Pengembangan, dengan penerapan budaya kerja UNS Active (Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship).

Universitas yang berdiri pada tahun 1976 ini, kini memiliki 9 Fakultas dengan 54 program studi Sarjana, dan 37 program studi Pascasarjana (S-2 dan S-3), dengan didukung 1.582 dosen tetap (di antaranya 1.114 bergelar S-2 dan 245 doktor).

Pada tahun akademik 2013/2014, UNS membuka pendaftaran mahasiswa baru:

1. Program Sarjana dengan kapasitas daya tampung 5.485 melalui:
a. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dengan kapasitas daya tampung 50% setiap prodi,
b. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dengan kapasitas daya tampung 40% setiap prodi, dan
c. Seleksi secara mandiri dengan kapasitas daya tampung 10% setiap prodi melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMB-PT).
2. Program Diploma dengan Kapasitas daya tampung 2.135 melalui:
a. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), dengan kapasitas daya tampung 50% setiap prodi,
b. Ujian Tulis Mandiri, dengan kapasitas daya tampung 25% setiap prodi, dan
c. Ujian Masuk Bersama-Perguruan Tinggi (UMB-PT), dengan kapasitas daya tampung 25% setiap prodi
3. Program Pascasarjana
a. Program Magister (S-2)
b. Program Doktor (S-3)
4. Program Pendidikan Profesi
a. Program Pendidikan Profesi Dokter Spesialis (PPDS)
b. Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, UNS peduli pada mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu dengan memberikan beasiswa lebih dari 4.477 mahasiswa pada tahun 2011 dan telah tersalur dana sekitar 20 milyar rupiah yang bersumber dari dana UNS Solo dan kerjasama dengan lebih dari 20 institusi pemberi beasiswa baik dari kalangan swasta maupun pemerintah, diantaranya berasal dari beasiswa Bidik Misi untuk 1.020 mahasiswa tahun angkatan 2012.


Copyright © 2013 ujiantulis.com all rights reserved

0 comments

Post a Comment